Categories
Bisnis

Konsep Dasar Digital Marketing dan Beberapa Manfaat Penggunaannya Bagi Strategi Marketing Perusahaan

Apakah anda pernah sesekali atau beberapa kali melihat suatu brand produk yang mengerjakan iklan digital (kampanye secara online)? Atau barangkali Anda juga pernah melihat sebuah website, social media dari beberapa perusahaan? Belakangan ini semua hal itu sangat sering Anda lihat. Hal-hal yang seperti itu yang lebih sering disebut dengan digital marketing. Seiring dengan semakin majunya perkembangan dunia teknologi, maka tren-tren dalam dunia bisnis juga menjadi semakin bervariasi. Salah satunya adalah berupa tren digital marketing.

Lalu Apa Itu Sebenarnya Digital Marketing?

Dari konsep dasarnya, Digital Marketing adalah berupa suatu kegiatan pemasaran dari sebuah brand produk dengan cara memanfaatkan begitu banyak media digital/internet. Tujuannya adalah untuk menarik minat dari seluruh konsumen dan seluruh calon konsumen secara cepat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat juga sangatlah luas, sehingga sangat tidak mengherankan jika kegiatan pemasaran secara digital dapat dijadikan sebagai pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan sekarang. Dan akibatnya, perusahaan menjadi saling berlomba dalam membuat content-content yang menarik untuk ditunjukkan dalam strategi pemasarannya di dunia online.

Beberapa dari hal-hal ini merupakan contoh dari pemasaran yang memanfaatkan media digital marketing:

• Iklan di social media, seperti instagram, Facebook, Youtube, dan masih banyak lagi.
• Billboard elektronik / videotron.
• Email marketing.
• SEO (Search Engine Optimization).
• Mobile marketing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan Memanfaatkan Strategi Digital Marketing

Begitu banyaknya digital marketing yang digunakan oleh beberapa perusahaan, menunjukkan bahwa digital marketing saat ini memiliki banyak sekali kelebihan dan manfaat yaitu:

  1. Jangkauan yang lebih luas.

Kelebihan yang pertama adalah jangkauan geografis yang jauh lebih luas dari pemakaian media digital marketing. Anda bisa menyebarkan brand produk anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah melalui internet.

  1. Kecepatan penyebaran yang luar biasa.

Strategi pemasaran dengan cara memanfaatkan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat dan bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Di samping itu, digital marketing juga bisa diukur secara realtime dan tepat sasaran.

  1. Berbagai kemudahan dalam hal evaluasi.

Dengan teknik menggunakan media online, maka hasil dari kegiatan pemasaran akan bisa langsung diketahui. Berbagai informasi seperti berapa lama produk Anda akan ditonton, berapa banyak orang yang sudah menyaksikan produk Anda, berapa % konversi penjualan dari setiap iklan yang sudah tayang, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui beberapa informasi-informasi itu, maka langkah selanjutnya kita akan dapat mengerjakan proses evaluasi mana dari iklan yang baik dan mana yang buruk. Sehingga kita akan dapat memperbaiki untuk periode-periode selanjutnya.

Sumber : Growing a Business In a Digital World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *