Categories
Tips

Tips Memberikan Pelayanan Terhadap Pelanggan Customer Service yang Terbaik

Simak Tips Memberikan Pelayanan Terhadap Pelanggan Customer Service yang Terbaik – Seorang customer service merupakan petugas yang akan membantu setiap orang terutama pengguna produk atau jasa tertentu. Setiap orang yang bekerja sebagai customer service pasti akan memiliki pengetahuan yang luas, cara bicara yang lugas, serta penampilan yang sangat rapih dan terbaik.

Sesuai dengan namanya salah satu tujuan dan tugas utama untuk pekerjaan ini ialah memberikan pelayanan untuk setiap pelanggan. Keberadaannya akan sangat membantu setiap pelanggan untuk bisa mengkonsultasikan setiap keluhan pada produk atau jasa yang digunakan. Jika Anda berada di posisi tersebut tentu Anda sudah memahaminya.

Banyak hal yang perlu dilakukan agar pelayanan yang diberikan sangat prima. Anda bisa melakukan beberapa tips dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan customer serviceseperti berikut ini.

Sedia Setiap Waktu

Untuk memberikan pelayanan terbaik, Anda harus tersedia setiap waktu. Apalagi, jika aturan perusahaan yang harus dipenuhi ialah 24 jam. Maka mau tidak mau Anda harus mampu melayani setiap pelanggan saat Anda dihubungi kapanpun selama masih jam operasional.

Jangan sampai saat jam operasional Anda sulit dihubungi oleh pelanggan yang membutuhkan Anda. Hal ini tentu akan mengecewakan para pelanggan dan tidak memberikan kepuasan. Tentu saja posisi Anda sebagai customer service akan dipertanyakan.

Menyapa dengan Tepat

Tips pelayanan terhadap pelanggan cutomer service berikutnya ialah bagaimana Anda menyapa dengan benar. Pertama kali Anda ucapkan selamat pagi, siang, atau malam. Kemudian sebutkan nama perusahaan lalu sertakan “ada yang dapat kami/saya bantu”.

Biasanya pelanggan akan langsung menceritakan keluhannya. Nah, setelah itu tanyakan nama pelanggan untuk lebih mudah mencari data dan agat lebih akrab. Setelah menyebutkan nama, lalu jelaskan keluhan tersebut dengan menyebutkan nama dari pelanggan tersebut.

Gunakan Bahasa yang Sopan, Santun, dan Nada yang Ceria

Sebagai pemberi pelayanan terhadap pelanggan customer service, maka nada bicara Anda harus baik dan enak didengar. Bahasa yang digunakan tentu harus sopan dan santun. Jangan sampai menyinggung perasaan pelanggan atau membingungkannya.

Dapat dikatakan bahwa senjata dari pelayanan seorang customer service ialah bahasa dan gaya bicaranya. Jika gaya bicaranya tenang dan luwes maka jika ada pelanggan yang komplen pun mereka tidak akan menggebu-gebu dan emosi. Selain itu, Anda juga tidak akan mudah ikut terpancing jika menghadapi situasi yang menegangkan ini.

Segera Tangani Permintaan Pelanggan

Pelayanan terhadap pelanggan customer service harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Jika pelanggan sudah mengemukakan apa yang ia keluhkan, selanjutnya segera jawab dan respon keluhan mereka. Jika perlu ada yang dibetulkan terhadap keluhan pelanggan tersebut maka mintalah pelanggan menunggu beberapa saat.

Durasi waktu yang diberikan untuk menunggu harus tepat. Misalnya Anda meminta pelanggan untuk menunggu selama 5 menit. Waktu 5 menit ini harus tepat. Jika terlalu lama, pelanggan bisa saja kecewa.

Tutup Pembicaraan dengan Sopan

Hal ini juga tak kalah penting untuk bisa dilakukan oleh seorang customer service. Setelah selesai melayani pelanggan, tentunya Anda akan menutup pembicaraan. Tutup dengan kalimat yang sopan dan tidak seperti nada mengusir.

Tanyakan kepada pelanggan apakah sudah memahami penjelasan Anda atau belum. Lalu berikan penjelasan bahwa Anda akan selalu siap membantu jika mengalami keluhan lain di kemudian hari. Jangan lupa akhiri dengan mengucapkan terima kasih dan selamat pagi atau sesuai waktu saat berbicara.

Itulah beberapa tips pelayanan terhadap pelanggan customer service yang terbaik. Ingat, pastikan berikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan nama dari pekerjaan ini. Selalu senyum dan berikan pelayanan yang sopan, ramah, luwes, tegas dan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *