Categories
Teknologi

4 Cara Ampuh Melawan Dampak Negatif Bermain Game Online

Banyak dari pemakai Game Online tidak tahu bahwa menjadi pencandu game termasuk di antara hal yang bisa mengganggu kesehatan mental.
Saat ini anda hidup di era digital di mana tidak dapat lepas dari Teknologi informasi dan komunikasi yang canggih, mulai dari telepon pintar (smartphone) dan internet yang memudahkan kegiatan sehari-hari. Dampak positif dengan hadirnya perlengkapan elektronik yang memanfaatkan teknologi informasi tentu sangat banyak, seperti mempermudah untuk berkomunikasi, bertukar informasi, mempercepat pekerjaan, dan lain sebagainya. Namun di samping itu, ada juga akibat negatif yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah kecanduan game online.

Dari pengalaman saya yang cukup sering bermain game online, saya menemukan banyak anak-anak berbicara kasar dalam suatu game. Tentu hal itu tidak sepantasnya diucapkan oleh anak-anak. Saat saya menegur, mereka tidak terima dan tetap berbicara kotor. Di samping itu, kecanduan game online bisa mempengaruhi gangguan otak yang dominan pada jasmani seperti penurunan konsentrasi, pemicu autisme, lambatnya respon otak, dan pemicu halusinasi berlebihan. Dan juga dominan pada psikologis seperti insomnia, sulitnya bersosialisasi, dan kelainan perilaku. Dengan kata lain, kecanduan game online bisa mengganggu kesehatan mental.

Setelah memahami hal itu, maka semua pencandu game online harus semakin waspada. Berikut ini adalah empat tips untuk melawan dampak negatif dari bermain game online.

  1. Buat batas waktu guna bermain
    Jika memang bermain game adalah kesukaanmu, bukan berarti anda harus menghabiskan seluruh waktumu hanya untuk bermain. Diperlukan manajemen waktu yang baik untuk menata waktu melakukan pekerjaan lainnya.

Kamu bisa mengatur kegiatanmu dengan mencatat di kitab harian, membuat jadwal pengingat yang ditempel di meja belajar atau tempat lainnya yang sering anda singgahi. Kamu juga bisa membuat alarm pengingat untuk setiap kegiatan yang akan anda lakukan. Dengan begitu tidak ada lagi kata “lupa” berhenti main game.

  1. Memiliki kegiatan di luar atau mencari pekerjaan di sekolah
    Sibukkan dirimu dengan beraktivitas di luar sehingga anda tidak terus-menerus diam dan merasakan waktumu sepenuhnya untuk bermain game. Misalnya mengajak binatang peliharaanmu jalan-jalan di dekat rumah, mengobrol dengan tetangga, atau aktif dalam organisasi sekolah. Kamu harus bisa membatasi dan memahami bahwa masih banyak kesenangan menantimu di luar sana. Bukan hanya kesenangan, anda juga bisa mendapatkan ilmu yang tentunya berguna.
  2. Lebih dekat dengan keluarga
    Masih ingat dengan pepatah “mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat”? Kamu merasa semakin jauh dengan keluarga karena kegiatan online-mu? Nah, saatnya untuk merekatkan kembali hubunganmu dengan keluarga.

Kamu bisa memulainya dari obrolan ringan, menyuruh mereka berlangsung ke luar, berlibur bersama, sehingga anda bisa membina kembali komunikasi yang sempat hilang. Mulailah perlahan untuk mengurangi kegiatan online-mu untuk menghampiri kembali dengan keluarga. Karena pada dasarnya keluarga adalah tempat sangat penting untuk membalikkan jati dirimu.

  1. Kuatkan tekad
    Sering diabaikan, tetapi tekad adalah hal paling fundamental untuk mengubah kebiasaan anda sebagai pencandu game online. Ketiga hal di atas tidak akan bisa dilakukan jika kamu masih malas-malasan dan merasa nyaman dengan keadaan. Maka bangkitlah dan kuatkan tekadmu supaya tidak lagi candu pada game online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *