Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Nangka Sederhana ENAK..!

Cara Membuat Keripik Nangka – Buah-buahan pada umumnya berbahan dasar dodol, namun semakin kreatif dunia kuliner kita saat ini, semakin banyak pula orang yang berlomba-lomba mendapatkan ide-ide baru. Ada buah-buahan yang diekstrak hanya untuk dijadikan minuman, tapi sekarang banyak orang yang membuatnya menjadi buah-buahan.

Nangka di Indonesia

Nangka merupakan buah tropis yang berukuran besar dan kaya akan nutrisi. Sama seperti ayam atau daging sapi, Anda bisa memotong atau menyuwirnya dan menjadikannya bahan utama dalam banyak hidangan vegetarian atau vegan.

Nangka muda atau gori bukanlah barang baru di Indonesia. Sebut saja aneka olahan masakan tradisional Indonesia seperti pedas, asam jawa atau santan untuk lontong atau ketupat buat teman.

bisa diolah menjadi keripik. Bahkan buah basah seperti nangkapun kini bisa dibuat menjadi kentang goreng. Beberapa dari Anda mungkin pernah mencoba keripik nangka.

Dan mungkin sebagian yang belum pernah mencobanya malah melihat keripik nangka. Keripik nangka sudah dikenal di Indonesia sejak lama, keripik nangka sering kita temukan di beberapa toko oleh-oleh. Ini karena keripik nangka sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga.

Keripik nangka biasanya disukai banyak orang karena rasanya yang asli dan manis yang tidak bisa berubah seperti nangka yang belum diolah. Keripik nangka sangat cocok disajikan saat keluarga sedang bersantai, menikmati acara TV, atau sedang beraksi. disajikan kepada tamu yang datang berkunjung.

Bersama dengan kerupuk, keripik adalah salah satu camilan paling populer. Keripik nangka merupakan makanan khas daerah riau khususnya daerah kampar. Keripik terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan atau sayuran yang digoreng dengan minyak sayur dan lebih tahan lama karena kandungan udaranya yang rendah.

Cara membuat keripik nangka

Bahan:

  • Buah nangka segar, tidak terlalu matang
  • 1 kg air kapur sirih 1 ½ liter
  • 100 gram garam meja
  • 75 gram gula pasir
  • 150 gram minyak goreng
  • 2 liter

Cara Membuat

  1. Kupas buah nangka, kemudian bersihkan kulit dan jerami, potong daging buahnya, buang bijinya dan potong ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dalam air dengan larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci dan tiriskan buah nangka hingga benar-benar kering.
  4. Untuk hasil akhir yang sedikit mengembang, buah yang sudah dicuci harus ditinggalkan di bawah sinar matahari selama 5 jam.
  5. Kemudian masukkan ke dalam vacuum frying dengan minyak yang dipanaskan hingga suhu rendah tidak lebih dari 90 derajat celcius.
  6. Goreng hingga mendidih dan kecilkan atau kurangi busa minyak, angkat dan biarkan mengering. Bisa menggunakan mesin penguras oli agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Simpan keripik nangka dalam wadah atau plastik kedap udara agar rasa renyah dan hangat bertahan lebih lama.
  8. Anda bisa menambahkan bumbu pada keripik nangka sebelum menggoreng nangka. Anda bisa menambahkan gula, garam, atau madu.
  9. Kini keripik nangka bisa disajikan.

Selamat mencoba dan siapapun yang mengetahui resep diatas bisa membuat anda mencobanya. dan jika Anda mencobanya di rumah sebaiknya di musim panas. Ini karena keripik nangka dijemur langsung di bawah sinar matahari. Hasilnya akan lebih enak jika digoreng nanti. Jika tidak, keripik nangka akan keras jika belum ditiriskan tetapi sudah digoreng.

Di sini Anda akan menemukan informasi tentang produksi keripik nangka. Semoga bisa dijadikan referensi dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba, semoga mendapatkan hasil terbaik. Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *