Categories
game

Penjelasan tentang manga,visual novel dan light novel

Kata Manga, Light Novel, dan Visual Novel mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, meski kata itu sering disebut dalam dunia anime. Sayangnya masih banyak yang belum mengerti arti dari kata tersebut, bahkan ada yang menganggap ketiganya memiliki makna yang hampir sama.

Saat berdiskusi diforum anime, kalian akan sering mendengar kata Manga, Light Novel, dan Visual Novel. Lalu apa sih arti dari kata tersebut? dan apa perbedaannya?

Manga

Apa itu Manga? mudahnya Manga adalah sebutan untuk komik yang asli buatan Jepang, sedangkan untuk sebutan pembuat manga nya sendiri adalah Mangaka. Pada umumnya Manga berisi gambar dari awal halaman hingga akhir, hanya sedikit teks yang terdapat disana.

Manga sangat disukai oleh semua kalangan, karena gambarnya dapat dengan mudah membuat pembaca memvisualisasikan alur cerita yang terdapat pada manga tersebut. Terdapat dua jenis manga, yaitu berwarna hitam-putih dan sepenuhnya diwarnai.

Jika sebuah Manga memiliki nilai jual yang baik, biasanya akan diadaptasi menjadi sebuah Anime. Manga yang diadaptasi menjadi Anime tidak harus tamat, ada juga manga yang masih jalan proyeknya.

Light Novel

Berbeda dengan Manga yang cenderung didominasi oleh Gambar, Light Novel merupakan sebuah novel ringan yang berisi cerita dengan sedikit ilustrasi Manga. Biasanya Light Novel hanya memiliki halaman yang sedikit, berbeda dengan Novel yang cenderung tebal dan memiliki banyak Bab.

Kebanyakan penikmat Light Novel adalah anak yang masih duduk dibangku sekolah menengah, karena Light Novel yang beredar biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari remaja yang masih duduk dibangku sekolah.

Visual Novel

Download Visual Novel Googledrive

Visual Novel bisa dibilang versi lengkapnya dari Manga dan Light Novel, karena disini pembaca bisa membaca cerita, melihat gambar, sambil mendengar audio dari karakter tersebut. Visual Novel merupakan Game yang memiliki alur cerita layaknya Novel, pemain bisa memilih alur ceritanya sendiri, setiap keputusan yang diambil didalam game sangat berpengaruh dengan akhir dari cerita tersebut.

Saat ini, visual novel sudah tersedia dihampir semua konsol seperti PlayStation, PC, dan Nintendo. Visual Novel terkadang mendapat adaptasi Animenya, salah satu anime terkenal yang adaptasi dari visual novel adalah Steins;Gate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *