Categories
Bisnis

Sumber Jaya Sempurna Tempat Persewaan Alat Berat

Sumber Jaya Sempurna Tempat Persewaan Alat Berat

Sumber Jaya Sempurna Tempat Persewaan Alat Berat-Jumlah total armada yang dimiliki perusahaan ini sekitar 60 unit. Populasi terbanyak adalah excavator. Sebagian besar dari unit-unit ini terserap di sektor konstruksi, terutama untuk pembangunan jalan tol yang sedang gencar dilakukan Pemerintah Indonesia di berbagai daerah dewasa ini, termasuk di Jawa Timur. Dalam beberapa tahun ke depan pembangunan jalan tol akan tetap ramai di Jawa Timur, ujar Santo optimistis.

PT. Sumber Jaya Sempurna juga sudah lama menyewakan alat-alatnya, terutama jenis crane dan excavator, pada pekerjaan-pekerjaan minyak dan gas bumi. Dia mencontohkan penyewaan excavator dan crane pada pekerjaan eksploitasi minyak di

Bojonegoro. Pemakaian alat di sektor migas biasanya jangka panjang, minimal 3 tahun, terutama pada saat pengerjaan proyek-proyek baru. Untuk selanjutnya, dipanggil pada saat dibutuhkan saja, ungkapnya.

Santo menjelaskan, tuntutan kondisi alat di setiap industri tidak sama. Masingmasing perusahaan dan industri punya kriteria tersendiri. Di sektor migas, misalnya, aturannya ketat. Tidak semua alat bisa masuk ke sana. Usia alat minimal tiga tahun, harus sudah bersertifikat, tetapi tidak perlu unit baru, ungkapnya.

Menariknya sekarang ini, dia menambahkan, sektor minyak & gas tidak pilih-pilih merek lagi seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Merek alat apa saja bisa masuk, asal bersertifikat dan spesifikasinya sesuai. Ketika ditanya mengenai sistem rental yang diterapkan, Santo mengatakan bahwa para pelanggan hanya sewa pakai. Semua servis dan maintenance dari pihak PT. Sumber Jaya Sempurna.

Alat-alat ini rata-rata bekerja 8 jam per hari atau satu shift kalau di konstruksi. Namun, kalau di migas jadwal kerjanya sedikit berbeda. Kami harus standby tiga shift. Perkara kita bekerja di shift ke berapa, itu ditentukan oleh penyewa. Jadi, kami harus selalu siap kerja. Kalau tiba-tiba jam 12 malam dia butuh, maka kami harus siap. Sumber duitnya justru di situ, karena ada biaya over time, ia menjelaskan sembari mengumbar senyum.

Santo mengakui sangat selektif dalam memilih alat untuk disewakan, terutama dari segi layanan purna jual (aftersales). Ia beralasan, alat-alat ini dipakai untuk jangka panjang, sehingga diperlukan dukungan purna jual yang baik dari distributor agar barang-barang modal tidak lekas menjadi besi tua. Merek sekarang ini relatif tidak terlalu penting, tetapi layanan purna jual yang menjadi perhatian utama.

Dia mencontohkan di sektor migas, yang tadinya cenderung menggunakan alat-alat merek tertentu, sekarang ini merek apa saja bisa masuk asal sesuai spesifikasinya. Pada prinsipnya, kata dia, pihaknya menyediakan mesin-mesin yang sesuai dengan kebutuhan para penyewa.

Kalau mereka memerlukan peralatan dengan merek dan/atau spesifikasi tertentu, misalnya, harus mesin baru dan dilengkapi dengan attachment khusus, kalau prospek pekerjaannya jangka panjang, yang kami berani inves. Sebaliknya, untuk proyek-proyek jangka pendek yang durasinya tidak lama, ya kami cenderung memaksimalkan unit-unit yang sudah ada.

Kami juga berencana menyediakan beton cor berbagai jenis, hal ini dikarenakan kegiatan pembangunan semakin banyak dan ini peluang emas yang tidak bisa dilewatkan. Saat ini tengah digodok berapa harga sewa pompa beton kodok dan beton berbagai jenis yang sesuai agar konsumen senang dan perusahaan kami mendapat untung.

Selain itu, Santo mengakui punya kecenderungan untuk mencoba produkproduk baru, tentu dengan syarat tersedia jaminan layanan purna jual yang bagus. Dia menyebut excavator kelas 20 ton dari JCB. Ketika beberapa koleganya masih cenderung wait and see karena ingin melihat bukti performanya di lapangan, dia justru langsung beli dua unit lengkapnya dengan breaker-nya saat principal dan dealer JCB untuk area Jawa melakukan demo produk di daerah Jawa Timur. Sekarang ini teman-teman justru terus bertanya kepada saya bagaimana performa excavator itu dan dukungan dari dealernya, ucapnya.

Ketika ditanya keunggulan Sumber Jaya Sempurna sebagai Tempat Persewaan Alat Berat dan indoreadymix.com di bisnis rental, Santo mengatakan dia menjalankan perusahaan keluarga dengan jaringan bisnis yang terbentuk sejak jaman orangtuanya. Kami tidak mempekerjakan tim khusus untuk pemasaran, tetapi kami mengoptimalkan jaringan yang sudah ada. Kebanyakan yang datang ke sini adalah jaringan pelanggan yang terbentuk sejak lama atau orang-orang yang mendapat referensi dari temanteman mereka. Jadi, kami tidak punya tim untuk memburu proyek.

Namun, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yang menjadi prioritas utama PT. Sumber Jaya Sempurna adalah bagaimana memberikan kepuasan semaksimal mungkin kepada para pelanggan. Kami memiliki komitmen yang tinggi terhadap apa yang kami sudah janjikan kepada customer. Apa yang kami sudah janjikan kepada pelanggan, kami berkomitmen untuk memenuhinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *