Categories
Bisnis Jasa Printing

Sejarah Desain Kain Dengan Printing

Belakangan popularitas kain printing mulai menjamur dalam industri kain. Coraknya yang beragam membuat siapaun tertarik dengan jenis kain satu ini. Terlebih kain printing juga dapat digunakan untuk mencetak kain dengan karakter. Namun tahukan anda bagaimana sejarah desain kain printing? Sebelum ditemukannya teknologi printing, pelaku industri kain menggunakan metode payet atau border.

Metode tersebut banyak menghabiskan biaya dan tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk pembuatannya. Terutama jika border yang dibuat adalah dengan metode manual. Permasalahan ini kemudian secara perlahan mulai diatas dengan mengembangkan teknologi. Sebelum adanya teknologi printing kain, ada beberapa metode desain kain yang dikembangkan.

Sejarah Desain Kain Printing

Desain kain printing saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Tentunya kemudahan tersebut didapatkan setelah melalui perkembangan yang lama. Nah, sebelum adanya teknik printing digital dan sublimasi. Kira-kira bagaimana ya teknik printing yang digunakan dahulu?

Menggambar Langsung Pada Media

Pada awalnya untuk membuat gambar pada media kain seseorang harus menggambar secara langsung pada kain. Hal ini tentunya sangat menyulitkan. Namun kecintaan pada fashion dan pentingnya estetika membuat metode ini tetap digunakan.

Bahkan metode dengan menggambar langsung pada media ini berlangsung cukup lama loh. Jika saat ini telah tersedia jasa print kain yang memudahkan kita untuk membuat desain. Maka lain halnya dengan zaman dahulu yang mengharuskan kita membuat desain dengan sangat manual.

Ditemukannya Sablon Cetak Saring

Pada tahun 1664 bangsa jepang akhirnya menemukan teknik printing dengan menggunakan sablon cetak saring. Teknik sablon cetak saring bahkan hingga saat ini masih banyak digunakan untuk membuat desain pada pakaian.

Namun tentunya sablon cetak saring pada zaman dahulu berbeda dengan saat ini. Baik dari segi perkembangan kertas sablon ataupun tintanya tentu sudah tidak sama. Cetak kain dengan menggunakan sablon saring memiliki kekurangan pada hasil cetakan yang kurang rapi dan mudah hilang.

Perkembangan sablon terus mengalami perubahan, bahkan sablon dulunya sangt popular dan mulai digunakan untuk membuat lambang pada bendera.

Teknik Print Terbaru

Saat ini kita telah akrab dengan penggunakan print kain digital. Namun tahukah anda bahwa teknik print ini baru ditemukan pada tahun 2000-an. Media yang digunakan pun mulai mengalami perkembangan. Terutama dengan didukung oleh penggunaan komputer.

Hal ini memicu trend fashion terbaru dengan ragam desain yang menarik. Print kain dengan menggunakan teknik digital juga kemudian dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Salah satu perusahaan printing yang menggunakan teknlogi print digital adalah jasa print kain bekasi.

Tidak hanya menyediakan printing untuk kain, namun juga menyediakan produksi printing untuk berbagai produk fashion. Contohnya sepert pembuatan jersey berbagai kegiatan olahraga, hijab printing dan juga masker printing.

Kepopuleran dari print kain tidak terlepas dari corak yang menarik dan dapat didesain sesuai keinginan. Penggunaan kain untuk membuat corak pun lebih beragam. Keuntungan menggunakan cetak kain untuk membuat desain pada kain adalah memiliki warna yang lebih variative.

Nah, itulah sekilas mengenai sejarah kain printing yang ada didunia. Saat ini teknologi printing kain telah banyak digemari oleh pada pecinta fashion. Dengan ditemukannya teknik print digital membuat trend fashion mengalami perubahan.

Sebut saja seperti hijab yang biasnaya didesain dengan corak polas sekarang memiliki varian corak yang lebih beragam dan terlihat natura. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dari ditemukannya mesin print digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *