Categories
Kesehatan

Perbedaan Bed Rumah Sakit Manual Dan Elektrik

Perbedaan bed rumah sakit manual dan elektrik hanya terletak pada cara penggunaan atau pengoprasiannya karena manfaat dari dua jenis ranjang rumah sakit ini sama, yang berbeda hanya pada bentuk ranjang, cara menggunakan atau mengatur posisi ranjang tersebut dan harga dari masing-masing jenis ranjang tersebut. Selain digunakan di rumah sakit, bed rumah sakit biasanya juga digunakan di rumah sebagai produk home care, baik itu untuk para pasien yang melakukan perawatan pasca operasi atau para lansia yang membutuhkan pemosisian tempat tidur agar nyaman ketika digunakan.

Fitur yang ada di bed rumah sakit itu semakin banyak harga ranjang rumah sakit juga semakin tinggi karena kualitas yang diberikan juga merupakan kualitas ranjang yang terbaik sehingga ranjang rumah sakit yang memiliki kualitas terbaik biasanya disimpan diruangan kelas satu atau VIP sedangkan ranjang rumah sakit yang mempunyai kualitas umum disimpan diruangan perawatan biasa atau yang digunakan untuk pasien kelas tiga, hal ini dilakukan agar pasien yang harus ditangani secara khusus atau membutuhkan perawatan dalam jangka panjang tetap dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam posisi tidurnya karena diberikan tempat tidur yang berkualitas terbaik sedangkan pasien yang hanya memerlukan perawatan dalam jangka pendek hanya perlu membutuhkan ranjang rumah sakit dengan kualitas umum.

Perbedaan Ranjang Rumah Sakit Manual Dan Ranjang Rumah Sakit Elektrik

bed rumah sakit

Selain dari harga yang membedakan bed rumah sakit manual dan elektrik ada juga perbedaan lain yang ada di kedua jenis ranjang rumah sakit tersebut yaitu :

  1. Ranjang rumah sakit manual yang cara pengoperasiannya masih secara manual yang harus diputar searah jarum jam untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman, ranjang rumah sakit manual ini biasanya terdapat diruangan kelas tiga dimana satu ruangan tersebut ada beberapa pasien yang dirawat dan biasanya satu ruangan ada 6 pasien sehingga ranjang rumah sakit tipe manual ini cocok untuk disimpan diruangan kelass tiga. Jenis ranjang rumah sakit manual terdapat beberapa tipe antara lain :
  1. Pertama ada tipe satu crank atau putaran dimana ranjang rumah sakit manual jenis ini hanya bisa diputar pada satu bagian saja yaitu dibagian pungung pasien yang berguna untuk memberikan posisi tidur pasien dibagian pungung dengan nyaman sesuai keinginan pasien tersebut.
  2. Tipe dua crank yang bisa diputar pada bagian pungung dan dibagian kaki, jika pasien menginginkan posisi tidur pada bagian kaki atau pungung lebih tinggi supaya mendapatkan posisi tidur yang nyaman tipe dua crank ini cocok untuk pasien tersebut dan cara penggunaannya bisa dilakukan seara manual.
  3. Terakhir tipe tiga crank yang bisa diatur pada bagian kepala, kaki, dan punggung sehingga tipe ini lebih enak digunakan sesuai keinginan pasien yang ingin merubah posisi ditur yang nyaman dibagian manapun.
  4. Ranjang rumah sakit elektrik yang cara pengoperasiannya dilakukan dengan cara elektrik atau otomatis dengan alat bantu remote control, jenis ranjang rumah sakit elektrik ini memiliki beberapa tipe yang sama dengan ranjang manual yang berbeda hanya dicara menggunakannya saja tetapi ranjang elektrik memiliki tipe tambahan yaitu tipe empat crank yang biasa diatur posisi diseluruh bagian tempat tidur, yaitu dibagian kepala, kaki, punggung, serta kemiringan ranjang tersebut.

Walaupun bed rumah sakit manual dan elektrik memiliki kelebihan dan cara pengoperasian masing-masing tetapi manfaat dari dua jenis ranjang rumah sakit tersebut sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *