Categories
Teknologi

Kamu Suka Memotret dengan Kamera? yuk Pelajari Sejarahnya

Kini kamera merupakan suatu barang yang bisa kita temukan di manapun kita pergi. Penerapannya banyak ada yang merupakan kamera dari HP, kamera dari papan absen kantor, kamera CCTV, maupun kamera yang berfungsi sebagai kamera saja. Namun, kamu pernah bertanya-tanya nggak sih dari mana asal kamera ini dan siapa penemunya. Maka dari itu ayo kita bahas perlahan-lahan tentang perkembangan kamera dari waktu ke waktu.

Menurut catatan sejarah kamera pertama yang digunakan adalah kamera obscura. obscura ini merupakan kata yang berarti kamar gelap.sekitar tahun 1000 setelah masehi oleh al-haitham atau yang biasa dikenal sebagai alhazen kamera ini berawal dari kotak hitam yang diberi lubang kecil untuk jalan masuk cahaya yang bisa menangkap gambar. Konsep ini sebenarnya sudah pernah ditemukan oleh mozi pada zaman sebelum Masehi.baru pada abad ke-11 alhazen tentang optik yang menjelaskan bagaimana ia meneruskan cahaya kecil itu ke ruangan gelap. Kemudian buku alhazen dipelajari oleh ilmuwan barat Joseph Kepler. Akhirnya ditemukanlah lensa negatif dan lensa positif kemudian pada tahun 1665 menemukan kamera kecil tanpa kabel.

di tahun 1837 tepatnya 900 tahun setelah ditemukannya kamera obscura Joseph Nicephore Niepce, yang berkebangsaan Perancis menemukan konsep fotografi praktis dinamakan dengan kamera daguerreotype dan calotype. Mereka menyempurnakan dengan menambahkan uap yodiumnatrium klorida sehingga menghasilkan gambar.

Baca: Sejarah Kamera Pertama di Dunia

Lalu pada tahun 1857, muncullah kamera karya Desire van Monckhoven yang pada 14 tahun kemudian kamera plat kering ini dimodifikasi Richard Leach Maddox menjadi kamera plat basah dengan kualitas pengambilan gambar yang cepat dan hasil gambarnya yang lebih baik. Kamera collidion terus digunakan hingga tahun 1878 sampai ditemukannya emulsi gelatin sehingga kamera menjadi meningkat dan gambar bisa diambil secara spontan. Nah saat inilah, tripod dan alat bantu kamera lainnya tidak dibutuhkan untuk mengambil gambar karena kamera nya sudah menjadi lebih kecil dan beratnya tidak besar sehingga bisa dipegang dengan tangan.

Bagi pencinta kamera yang lahir tahun 1990-an pasti mengenal kamera yang menggunakan roll film di dalamnya kemudian bisa dicetak menjadi foto. sebenarnya pengembangan kamera film ini sudah ada 1 abad sebelum itu tepatnya pada tahun 1885 yang ditemukan George eastman yang mulai memproduksi film kamera. namun perkembangan tersebut terus-menerus terjadi menjadi celluloid pada tahun 1888 sampai 1889.

kamera yang menggunakan film itu dinamakan kamera kodak kemudian diperkenalkan ke masyarakat lebih luas dengan teknologi yang lebih canggih lagi bahkan ditambahkan fitur shutter speed. Sampai akhirnya pada abad ke-19 s telah berhasil membuat banyak model film kamera tidak terlalu mahal di kalangan nya, kamera plat masih banyak digunakan karena banyak yang merasa kualitasnya lebih baik.

kemudian muncullah kamera compact dan Canon yang mungkin sering kita dengar hingga saat ini. mereka menggunakan film 35 mm yang digunakan untuk membuat kamera dengan pembesaran gambar dengan kualitas baik. Pada awal tahun 1913 baru muncul prototip yang bernama Ur-leica namun perkembangannya tertunda karena ada perang dunia pertama. 10 tahun berikutnya konsumen kamera ini menjadi sangat luas dan diterima dengan baik di pasar. namun dari sinilah muncul membuat kamera saingan yang bernama kamera Canon yang merupakan kamera perusahaan yang berpusat di Jepang.kamera ini menjadi populer setelah veteran Jepang membawa kamera ini ke Amerika serikat dan didukung dengan Canon yang terus berinovasi memproduksi berbagai kamera canggih.

setelah adanya perkembangan dari Canon muncul juga teknologi seperti teler atau twins lens reflex dan SLR yang merupakan single lens reflex keduanya ini hanya berbeda pada penggunaan lensa yang ganda dan lensa tunggal dalam mengambil sensor gambar. Kemudian kamera analog yang muncul dan Canon kembali memproduksinya. Namun kamera analog tidak terlalu mendapat sambutan yang baik hingga akhirnya aplikasi kamera ini digunakan untuk kamera CCTV. dengan ditemukannya kamera digital yakni kamera yang menggunakan kartu memori untuk menyimpan foto yang diambil. kamera ini mulai diperkenalkan oleh perusahaan Fuji pada tahun 1987 hingga akhirnya kodak pun ngikuti memproduksi kamera yang serupa namun dengan fitur yang berbeda. hingga akhirnya ditemukan kamera DSLR atau digital single lens reflex yang diluncurkan pertama kali oleh Nikon pada tahun 1999 yang mampu menghasilkan gambar yang sangat baik dan beresolusi tinggi titik tadi nggak ini kamera DSLR masih banyak digunakan oleh para fotografer dengan berbagai macam lensa yang bisa dilepas pasang dan secara umum harga DSLR ini tidak lagi semahal dulu.

itu dia hasil penelusuran kami tentang perkembangan kamera dari waktu-waktu kalau menurutmu mana yang paling bagus dan mana yang ingin kamu coba untuk memotret? kita miliki baik itu TV, CCTV, kamera, smartphone dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *