Categories
Tips Uncategorized

Fakta Menarik Jurusan Farmasi ITB yang Wajib Kamu Ketahui

Apakah anda siswa SMA? Bingung berkenaan jurusan yang mendambakan anda ambil atau apa passion anda sebenarnya? Jika anda tertarik terhadap pelajaran kimia atau selamanya penasaran berkenaan persentase berasal dari obat atau makanan, farmasi barangkali dapat menjadi jurusan yang tepat untuk kamu.

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), farmasi termasuk tidak benar satu jurusan bersama kompetisi masuk yang cukup ketat dikarenakan peminatnya yang banyak, tetapi bangku yang dihidangkan tiap tahunnya hanya terbatas kurang lebih 150 bangku.

Baca rekomendasi : universitas dengan jurusan hukum terbaik

Fakta Jurusan Farmasi ITB (Institut Teknologi Bandung)

Jika anda sesungguhnya tertarik untuk masuk jurusan ini, tersedia 9 fakta menarik berkenaan jurusan farmasi ITB yang kudu anda ketahui.

Terbagi menjadi STF dan FKK
Berbeda bersama jurusan farmasi terhadap umumnya, jurusan farmasi di ITB dibagi menjadi dua, yakni STF (Sains dan Teknologi Farmasi) dan FKK (Farmasi Klinik dan Komunitas).

Baca juga : e jurnal ekonomi

Apa beda keduanya? Dari namanya saja telah mampu diketahui bahwa STF lebih berfokus terhadap teknologi kefarmasian di pabrik, menjadi berasal dari formulasi obat, penjaminan kualitas sampai pengemasan produk didalam skala besar.

Sebaliknya, FKK lebih berfokus terhadap penyerahan dan konsultasi obat di apotek atau tempat tinggal sakit. Kamu mampu pilih jurusan mana yang mendambakan anda tempuh terhadap th. ke dua sebagai mahasiswa ITB.

Terakreditasi ASIIN dan BAN-PT

Mulai Juli 2016, Sekolah Farmasi menjadi 1 berasal dari 3 Fakultas di ITB yang menggapai akreditasi penuh ASIIN sampai th. 2020 dan memperoleh peringkat akreditasi nasional A versi BAN-PT sampai Oktober 2019 (untuk jurusan STF) dan Desember 2020 (untuk jurusan FKK)

Masa TPB (Tahap Persiapan Bersama)

Seperti jurusan lainnya di ITB, mahasiswa farmasi kudu meniti jaman TPB sepanjang th. pertama kuliah. TPB ini mampu dibilang sama bersama th. pertama di SMA, yang mana mahasiswa belajar seluruh mata pelajaran basic seperti matematika, fisika dan kimia.

Tapi tenang saja, tiap mata kuliah ini tingkat kesulitannya disesuaikan bersama jurusan yang bersangkutan, sekiranya untuk mahasiswa farmasi, mata kuliah kimia punyai grade A, selagi mata kuliah matematika dan fisika punyai grade B yang bermakna relatif lebih gampang dikarenakan farmasi sesungguhnya lebih fokus kepada ilmu kimia.

Memiliki 5 Kelompok Keahlian (KK)

Kelompok Keahlian (KK) adalah bidang kajian yang lebih khusus berasal dari suatu jurusan. Di farmasi sendiri, terdapat 5 type KK, yakni Farmasetika, Farmakokimia, Biologi Farmasi, Farmakologi dan Olahraga. Kelompok Keahlian selanjutnya nanti dapat dibagi lagi ke subkelompok yang lebih spesifik.

Adanya kelas internasional khusus

Di farmasi ITB, terdapat kelas khusus untuk murid internasional yang menggunakan bhs inggris sebagai bhs pengantar kuliah. Hal ini dikarenakan peminat jurusan farmasi berasal dari luar Indonesia cukup tinggi, terlebih berasal dari tempat Singapura dan Malaysia. Ada termasuk barangkali anda mampu belajar bersama mereka, sekiranya selagi praktikum, agar mampu melatih kebolehan bhs inggris kamu.

Luasnya peluang untuk pergi ke luar negeri.
Hebatnya lagi, anda mampu mendapat peluang untuk pergi keluar negeri baik sebagai delegasi jurusan farmasi di acara bergengsi seperti kongres regional berasal dari IPSF (International Pharmaceutical Students Federation), maupun student exchange program yang mana anda mendapat peluang untuk belajar diluar negeri sepanjang kurun selagi tertentu.

Informasinya terbuka dan seluruh orang punyai peluang untuk mendaftar. Tapi memahami tersedia seleksinya terlebih dahulu untuk pilih apakah anda punyai kualifikasi yang cukup untuk memperoleh peluang itu.

Kesempatan mengembangkan softskill

Di tengah jaman globalisasi ini, ilmu tanpa kebolehan softskill yang baik memahami tidak cukup untuk sebabkan seseorang bertahan di dunia kerja. Di farmasi ITB, anda dapat tergabung didalam HMF (Himpunan Mahasiswa Farmasi), yang mana anda mampu mengembangkan kebolehan organisasi dan leadership.

HMF punyai berbagai divisi yang mampu disesuaikan bersama minat anda menjadi berasal dari divisi kajian, akademik, pengabdian masyarakat dan tetap banyak lagi. Jadi, jangan was-was kehidupan kemahasiswaanmu dapat bikin jadi bosan dikarenakan anda dapat mampu mengikuti banyak kegiatan di himpunan.

Acara akbar “PHARMANOVA”

Farmasi ITB selamanya mengadakan acara bergengsi yang diikuti oleh berbagai universitas berasal dari seluruh Indonesia tiap tiap dua th. sekali, PHARMANOVA yang berfokus terhadap lomba-lomba kefarmasian menjadi berasal dari lomba poster, PCE (Patient Consulting Event) sampai belajar kasus industri farmasi.

Kamu mampu menjadi panitia berasal dari acara ini atau mampu termasuk menjadi peserta. Pastinya dapat menjadi pengalaman yang bernilai bagi kamu.

Tersedia banyak mata kuliah pilihan

Banyak mata kuliah pilihan yang mampu anda pilih sesuai minat anda menjadi berasal dari toksikologi, parasitologi sampai fisiologi olahraga. Selain itu, tersedia termasuk mata kuliah pilihan diluar bidang farmasi yang mampu memperluas ilmu anda seperti psikologi, management sampai akupuntur.

Pastinya sesudah lulus, anda tidak hanya pakar berkenaan ilmu farmasi, tetapi termasuk ilmu-ilmu pendukung lain yang mampu menjadi nilai jadi kamu.

Itu dia 9 fakta menarik berkenaan jurusan farmasi ITB. Jika anda amat tertarik untuk masuk ke jurusan tersebut, sebaiknya anda mempersiapkan berasal dari jauh hari untuk mengikuti tes masuk SBMPTN 2018 yang umumnya menjadi diakses pendaftarannya terhadap bulan April atau anda mampu termasuk mendaftar jalur undangan SNMPTN 2018 yang umumnya diakses pendaftarannya kurang lebih bulan Januari. Penulis didalam artikel ini adalah Cornelia Pradhita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *