Categories
Cleaning Service

Jenis Penyakit Yang Menyerang Paru-Paru Dan Pencegahannya

Paru-paru merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Organ ini menjadi tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida sewaktu bernapas. Jika mengalami gangguan, seseorang akan kesulitan dalam bernapas. Namun, tahukah Anda mengenai gangguan penyakit yang menyerang paru-paru tersebut?

baca juga: cuci springbed bandung grades

Faktanya, cukup banyak gangguan yang bisa menyerang kinerja organ tersebut. Gangguan ini sering terjadi. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk melakukan pencegahan agar tidak menimbulkan masalah yang serius.

Di sini, Kami akan menunjukkan jenis gangguan yang menyerang organ paru-paru. Kami juga melengkapinya dengan cara mencegahnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Asma

Gangguan pernapasan ini paling sering muncul. Tidak mengenal siapa yang menderitanya. Artinya, anak-anak hingga dewasa juga berisiko.

Penderita asma ini ditandai dengan munculnya sesak napas. Kesulitan ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pada saluran utamanya. Begitu pula, salurannya meradang serta mulai menyempit.

Masalahnya, gangguan tersebut bisa semakin parah. Khususnya ketika terjadi peningkatan dari dahak. Makanya, kebanyakan penderita merasa sangat tidak nyaman ketika bernapas.

baca juga: cuci sofa bandung grades

Penyebab utamanya ialah terpapar oleh debu, virus, zat kimia hingga asap/polusi. Pemicu ini ada di sekitar Anda. Oleh karenanya, Anda sebaiknya berhati-hati.

Lakukan pencegahan secepatnya. Salah satunya ialah dengan rajin membersihkan area di sekitar rumah. Khususnya di tempat tidur. Misalnya dengan mencuci Kasur hingga bantal agar debu tidak masuk ke hidung.

Selain itu, biasakan untuk bernapas melalui hidung agar saluran pernapasan bekerja secara maksimal. Kemudian, atur pola makan dan hindari beraktivitas yang berlebihan.

Paru-Paru Basah

Penyakit yang menyerang paru-paru ini dikenal dengan sebutan Pneumonia. Merupakan sebuah kondisi di mana kantung organ tersebut dipenuhi dengan cairan atau pun nanah.

Kondisi ini berasal dari infeksi dari kuman, jamur dan virus yang tersebar di udara.
Kondisi terparah bisa merusak organ tersebut. Penderitanya kesulitan bernapas. Bahkan bisa kehilangan jiwa.

Sebelum terjadi, ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Caranya ialah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Selain itu, upayakan untuk mengikuti vaksinasi hingga menjaga kebersihan udara di sekitar. Kemudian, jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuh supaya sistem pertahanan dalam tubuh Anda mampu membentengi serangan dari luar.

TBC

TBC merupakan jenis penyakit yang cukup mengerikan. Keterlambatan dalam menanganinya bisa menyebabkan penderitanya kehilangan jiwa. Masalahnya, kondisi ini sering terjadi lantaran kurangnya memahami permasalahan tersebut.

Pemicunya berasal dari bakteri yang masuk melalui udara yang terkontaminasi. Khususnya menyebar dari batuk atau pun bersin.

Bakteri ini tidak hanya mengintai paru-paru saja. Melainkan bisa menyerang organ tubuh penting lainnya. Di antaranya adalah ginjal, tulang dan lain sebagainya.

Untuk pencegahannya, pastikan Anda telah mendapatkan Vaksin BCG. Kemudian, upayakan agar sirkulasi udara di rumah tetap bagus. Begitu pula, hindari meludah atau dahak di sembarang tempat untuk meminimalkan penularan.

Intinya, kebersihan area di sekitar menjadi opsi yang murah namun kaya akan manfaat. Anda perlu melakukannya agar terhindar dari beberapa jenis penyakit yang menyerang paru-paru paling berbahaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *